ABSTRAKSI
Junasan Alberton. 20206514.
PI Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2009
ANALISA PENERAPAN BALANCE SCORECARD PADA PT BANK CENTRAL ASIA,Tbk
Kata kunci: Balanced Scorecard, PT Bank Central Asia,Tbk
( x + 52 + Lampiran )
Balanced scorecard merupakan konsep manajemen yang diperkenalkan Robert Kaplan tahun 1992, sebagai perkembangan dari konsep pengukuran kinerja (performance measurement) yang mengukur kinerja perusahaan. Robert Kaplan mempertajam konsep pengukuran kinerja dengan menentukan suatu pendekatan efektif yang seimbang dalam mengukur kinerja strategi perusahaan. Pendekatan tersebut berdasarkan empat perspektif, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Keempat perspektif scorecard ini menawarkan suatu keseimbangan (balanced) antara tujuan jangka pendek dan panjang; hasil (outcome) yang diinginkan dan pemacu kerja (performance drivers) dari hasil tersebut.
Dalam menentukan bagaimana kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard, penulis menggunakan data-data berupa laporan keuangan yaitu neraca dan laba rugi perusahaan tahun 2006 s/d 2008. Selain itu penulis juga menyebarkan kuesioner kepada para karyawan dan pelanggan PT Bank Central Asia,Tbk. Balanced Scorecard merupakan konsep yang membantu manajemen perusahaan untuk melihat kinerja masa lalu dan memberi suatu pandangan ke depan bagi manajemen perusahaan untuk menentukan arah dan strategi perusahaan di masa yang akan datang. Berdasarkan analisis Balanced Scorecard, kinerja PT Bank Central Asia,Tbk sudah optimal karena ada keseimbangan antara keempat perspektif yaitu perspektif finansial, pelanggan, bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan.
Daftar Pustaka ( 1995-2008)
0 comments:
Post a Comment